Sabtu, 24 Maret 2012

Home » » 5 Hal yang Terkait Keberuntungan

5 Hal yang Terkait Keberuntungan

Buat sebagian pihak, keberuntungan dapat diwakili oleh sesuatu hal  benda maupun simbol. Karenya tak heran jika hal dan benda tersebut, begitu banyak dicari dan diabadikan ke dalam kehidupan pribadi mereka yang mempercayainya. Berikut 5 hal unik yang dijadikan simbol keberuntungan:

1. Sepatu Kuda
Sepatu kuda  adalah benda yang dipakai oleh kuda untuk melindungi kaki yang sebenarnya merupakan kuku kuda untuk melindungi saat berjalan – seperti sepatu. Sepatu kuda ini juga ada yang menyebut tapal kuda, dibuat oleh pandai besi. Orang juga menaruh sepatu kuda di pintu, karena dahulu kala, banyak orang yang percaya kalau benda ini membawa keberuntungan dan bisa menangkal ilmu hitam melindungi siapapun yang berjalan di bawahna dari serangan ilmu hitam.




Sepatu Kuda (Sumber: wordpress.com)




2. Surat Berantai
Surat Berantai adalah sebuah surat (umumnya berbentuk surat elektronik) di mana sang penerima diharapkan untuk meneruskan surat tersebut kepada pihak lain. Surat ini biasanya sambung-menyambung sampai jangka waktu yang lama dan tersebar dengan cepat dan luas. Dalam surat berantai biasanya dituliskan hal-hal yang membuat si penerima tergerak untuk mengirimkannya kembali kepada pihak lain, hal tersebut bisa berupa iming-iming sebuah keuntungan, atau ancaman baik yang terang-terangan maupun ancaman terselubung yaitu berupa ketidakberuntungan apabila tidak meneruskan surat tersebut.




Surat Berantai (Sumber: wordpress.com)




Juga banyak terdapat surat berantai yang berhubungan dengan faham suatu agama, dalam surat-surat semacam itu selain dijanjikan kenikmatan yang bisa diraih oleh orang yang mau menyebarkan surat tersebut, juga biasanya disebutkan penderitaan yang akan ditanggung bila seseorang tidak mau menyebarkan surat berantai tersebut.

3. Maneki Neko 
Maneki Neko adalah pajangan berbentuk kucing dari Jepang yang dibuat dari porselen atau keramik. Sebelah kaki depan (tangan) pajangan ini diangkat seperti sedang memanggil orang. Pajangan ini dipercaya membawa keberuntungan kepada pemiliknya dan biasa dipajang di toko, restoran dan tempat-tempat usaha. Maneki neko yang mengangkat kaki depan sebelah kanan dipercaya dapat mendatangkan uang, sementara maneki neko yang mengangkat kaki depan sebelah kiri dipercaya mendatangkan pembeli. Maneki neko umumnya tidak dibuat dengan kedua belah kaki depan diangkat karena tidak ingin dikatakan sudah menyerah angkat tangan. Model pajangan ini biasanya adalah kucing belang tiga, kucing Japanese Bobtail dengan buntut pendek seperti buntut kelinci. Maneki neko juga dibuat dalam warna-warna lain seperti kuning emas atau hitam. Kucing yang menjadi model maneki neko konon sedang mencuci muka dengan menggunakan sebelah kaki depan.




Maneki Neko (Sumber: wordpress.com)




Maneki neko dianggap sebagai benda pembawa keberuntungan. Orang Jepang banyak yang membelinya pada tahun baru. Maneki Neko sering dijual bersama kumade di kios pasar kaget yang berjualan di luar kuil Shinto. Selain itu, toko pajangan yang menjual maneko neko dalam berbagai ukuran sering dijumpai di kota-kota dengan tradisi dagang yang kuat.

4. Angpau 
Angpau adalah bingkisan dalam amplop merah yang biasanya berisikan sejumlah uang sebagai hadiah menyambut tahun baru Imlek. Namun angpau sebenarnya bukan hanya monopoli perayaan tahun baru Imlek semata karena angpau melambangkan kegembiraan dan semangat yang akan membawa nasib baik, sehingga angpau juga ada di dalam beberapa perhelatan penting seperti pernikahan, ulang tahun, masuk rumah baru dan lain-lain yang bersifat suka cita.



Angpau (Sumber: wordpress.com)




Jumlah uang yang ada dalam sebuah amplop angpau bervariasi. Untuk perhelatan yang bersifat suka cita biasanya besarnya dalam angka genap, angka ganjil untuk kematian. Oleh karena angka 4 terasosiasi dengan ketidak beruntungan – pelafalan angka 4 bisa berarti “mati” – maka jumlah uang dalam amplop angpau tidak berisi 4. Walaupun demikian, angka 8 terasosiasi untuk keberuntungan – pelafalan angka 8 berarti “kekayaan”. Makanya jumlah uang dalam amplop angpau seringkali merupakan kelipatan 8.

5. Angka 999
999 (dibaca sembilan ratus sembilan puluh sembilan) adalah sebuah angka, sistem bilangan, dan nama dari glyph yang mewakili angka tersebut. Angka ini merupakan bilangan asli di antara 998 dan 1.000. Angka ini oleh beberapa pihak dianggap sebagai angka keberuntungan.(**)




Angka 999 (Sumber: wordpress.com)


Artikel Terkait:

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar