Sabtu, 31 Maret 2012

Home » » 5 Kue Tradisional Jawa Barat (Bagian I)

5 Kue Tradisional Jawa Barat (Bagian I)

Selain wisata alam, Jawa Barat ternyata menyimpan segudang wisata kuliner yang bisa Anda coba dan nikmati. Mungkin bagi Anda yang tinggal di daerah-daerah di Jawa Barat, kue-kue di bawah ini sudah tidak asing ditelinganya. Namun bagi  Anda yang tinggal di kota-kota besar, melihat atau merasakannyapun mungkin belum pernah sama sekali. So, para penikmat kuliner sejati, tak ada salahnya Anda berburu dan mencicipi penganan khas masyarakat Jawa Barat berikut ini:



1. Kue Cuhcur
Cara Pembuatan :Tepung beras dan terigu disedu dengan air hangat, kemudian dicampur dengan gula merah, aduk sampai merata. Digoreng hingga setengah kering. Fungsi : Sebagai makanan kecil yang disajikan bersama minuman pada waktu pagi, siang atau sore dan malam hari. Kandungan gizi/buah : energi 137 kkal, protein 1,73 g, lemak 4,04 g, karbohidrat 23,6 g, kalsium 8,69 mg, fosfor 31,7 mg, fe 6,42 mg, vitamin A 6 RE, vitamin B1 0.024 mg.




Kue Cuhcur (sumber: jabarprov.go.id,uniknya.com)




2. Kue Gemblong
Cara Pembuatan :Tepung ketan diseduh dengan air hangat kemudian, diadoni sampai merata, dicampur dengan garam, lalu dicetak bulat lonjong, kemudian digoreng. Setelah matang, masukkan ke dalam gula yang sedang direbus dan agak kental, diaduk sampai adonan tadi terbungkus gula. Fungsi : Sebagai makanan kecil, dihidangkan di atas piring atau bisa juga sebagai jajanan.




Kue Gemblong (sumber: jabarprov.go.id,uniknya.com)




3. Kue Gurandil
Cara Pembuatan :Tepung tapioka diseduh dengan air hangat, kemudian diberi pewarna. Masukkan tepung tapioka lagi supaya mengental, dibentuk menjadi bulatan kecil – kecil, kemudian dikukus sampai matang. Fungsi :Sebagai makanan kecil, disajikan di atas wadah atau dibungkus dengan daun pisang atau sejenisnya.




Kue Gurandil (sumber: jabarprov.go.id,uniknya.com)




4. Kue Jalabria
Cara Pembuatan :Tepung ketan dicampur dengan air hangat secukupnya dicampur sedikit garam, setelah menjadi adonan, dicetak bulat  – bulat, di tengahnya diberi lubang, kemudian digoreng. Setelah matang dimasukkan ke dalam air gula yang sedang di rebus, diaduk – aduk sampai air gula kering. Fungsi: Sebagai makanan kecil, dihidangkan bersama minuman.




Kue Jalabria (sumber: jabarprov.go.id,uniknya.com)




5. Kue Bandros
Cara Pembuatan :Kelapa parut dicampur tepung beras, tepung ketan. Bubuhi dengan garam, aduk rata. Tuangkan santan sedikit demi sedikit sambil diaduk sampai tercampur rata. Panaskan cetakan di atas api kecil dengan tutupnya. Setelah panas olesi dengan minyak goreng,tipis merata, masukkan adonan ke dalam cetakan. Fungsi :Sebagai makanan kecil yang disajikan air teh.(**)



Kue Bandros (sumber: jabarprov.go.id,uniknya.com)


Artikel Terkait:

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar