Jumat, 23 Maret 2012

Home » » Google Hari Ini.....

Google Hari Ini.....

KOMPAS.com - Google masih terus melakukan kreasi pada logo dekoratifnya, Doodle.

Hari ini (23/3/2012) Google mempersembahkan Doodle untuk pelukis dengan genre Kubisme, yakni Juan Giris. Google Doodle hari ini, terinspirasi dari karya Kubisme yang dipopulerkan Juan Giris sejak tahun 1912.

Jose Victoriano atau Carmelo Carlos atau yang lebih dikenal dengan Juan Giris, lahir di Spanyol pada 23 Maret 1887. Ia dibesarkan dan menghabiskan sebagian besar sisa hidupnya di Paris.

Ia belajar tentang supernatural drawing di Escuela de Artes y Manufacturas di Madrid sejak tahun 1902 hingga 1904. Sejak 1904 hingga 1905, Giris belajar melukis pada seniman akademisi Jose Maria Carbonero.

Tahun 1906, Giris berpindah ke Paris dan berteman dengan beberapa pelukis, salah satunya Pablo Picasso. Ia mulai serius menemuki seni lukis sebagai profesi sejak tahun 1910 dan mulai memilih aliran kubisme sejak tahun 1912.

Karya berjudul Portrait of Picasso, yang merupakan karya lukisan minyak di atas kanvas, merupakan gaya kubisme analitik pertama yang dibuat Giris.

464px-JuanGris.Portrait_of_Picasso

Setahun kemudian, Giris beralih ke aliran Kubisme Sintetik. Meski sesama pelukis Kubisme, Giris berbeda dengan rekannya, Pablo Picasso yang lebih memilih Kubisme Monokromatik.

Harga lukisannya yang termahal mencapai 20,8 juta dollar AS dibuat pada tahun 1915. Lukisan termahal itu berjudul Livre, pipa et Verres.

Sayangnya, kreatifitas Giris terganjal masalah kesehatan. Sejak Oktober 1925, Giris sering menderita sakit uremia dan jantung. Ia pun akhirnya meninggal di usia 40 tahun karena gagal ginjal di Paris. Giris meninggalkan seorang istri (Josette) dan seorang putera, George.

Artikel Terkait:

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar